Skip to main content
usaha ternak ayam joper

Apakah Usaha Ternak Ayam Joper Menguntungkan?

AyamJoper. co.id – Ada banyak sekali keuntungan yang kita terima saat beternak ayam joper, hal inilah yang membuat banyak para peternak beralih dari unggas lain ke ayam joper atau ayam kampung super ini, untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Panen Lebih Cepat, Sehingga Untung Juga Lebih Cepat

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ternak ayam Joper ini. Salah satunya adalah ayam joper lebih cepat masa panennya, hal ini yang menjadi alasan utama untuk beternak ayam joper. Ayam joper memiliki masa panen lebih cepat karena kemampuan tumbuh yang lebih cepat daripada ayam kampung biasa. Ayam joper dapat dipanen saat usia 55 – 60 hari dengan rata rata bobot antara 0,8 – 1 kg. Sehingga harga jual ayam joper di pasaran cenderung tinggi dan stabil sehingga bisa memberikan keuntungan lebih di peternak.

2. Ayam Joper Lebih Unggul Dari Ayam Jenis Lainnya

Keunggulan ayam Joper ini nggak muncul begitu saja. Namun mewarisi sifat asli dari indukannya yaitu ayam petelur dan ayam kampung. Ayam kampung terkenal dengan rasa daginnya yang enak dan memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, sehingga ayam ini sangat tahan terhadap serangan dari berbagai macam penyakit unggas. Maka tidak heran kalau keunggulan-keunggulan tersebut kemudian menyatu dalam spesies baru, yakni ayam Joper.

3. Daya Tahan Tubuh Lebih Baik Daripada Ayam Lain

Ayam joper memiliki imun tubuh lebih baik terhadap serangan penyakit. Hal ini membuat kemampuan dan kecepatan adaptasi ayam joper menjadi lebih baik, sehingga membuat ayam joper tidak mudah stress dan tidak mudah terjangkit penyakit, hal ini juga dipengaruhi oleh keturunan ayam lokal. Menurut data statistik, tingkat kematian ideal ayam Joper berada di angka 5%, angka ini tergolong angka yang sangat sedikit dalam tingkat kematian ayam.

4. Cita Rasa Daging yang Sama Enaknya Dengan Ayam Kampung Biasa

Cita rasa yang dimiliki oleh daging ayam Joper dapat dikatakan hampir sama dengan ayam kampung biasa. Daging ayam joper memiliki tekstur baik layaknya ayam kampung, lebih tebal dan lebih padat. Walaupun masa pertumbuhannya ayam joper lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa, namun hal tersebut sama sekali tidak mempengaruhi terhadap kualitas daging ayam joper.

5. Kandungan Gizi Daging Ayam Joper Lebih Baik

Daging ayam joper dapat dikatan mengandung nutrisi dan gizi dyang cukup baik. Daging ayam joper memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan daging ayam jenis yang lain, hal ini membuat daging ayam joper aman untuk dikonsumsi di semua kalangan usia dengan semua kondisi kesehatan.

6. Ayam Joper Memiliki Ukuran Telur Lebih Besar

Ayam joper memiliki telur yang rata rata lebih besar jika dibandingkan dengan telur ayam kampung biasa. Dalam berat 1 kg, rata-rata berisi 14 sampai 16 butir telur ayam joper. Sementara itu, harga telur ayam joper dipasaran perkilogramnya hampir sama dengan harga telur ayam negeri.

7. Beternak Ayam Joper Tidaklah Sulit

Tidak sedikit masyarakat yang tertarik untuk terjun dalam usaha ternak ayam Joper. Beternak ayam Joper sebenarnya tidaklah sulit, Anda sebagai pemula pun bisa melakukannya. Hanya saja memang dibutuhkan kerja keras dan ketekunan dalam memeliharanya. Nah, bagaimana cara ternak ayam joper yang baik dan benar? berikut kami sudah sajikan tutorial cara beternak ayam joper bagi pemula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!